Renungan, Inspirasi, Motivasi, Innovasi & Aktualisasi ILMU & HIKMAH. Luqmanul Hakim berkata : "Sesungguhnya hikmah itu dapat menghidupkan hati yang mati, sebagaimana siraman air hujan dapat menghidupkan bumi yang gersang". *Semoga hikmah-hikmah berupa Kisah, Cerita, Renungan & Nasehat, dapat dijadikan pelajaran hidup dan bermanfaat yang kita dapatkan selama ini, bisa menjaga hidupnya hati kita dan meneguhkan pendirian kita dalam mencintai kebenaran dan mengamalkannya. Aamiin. Sabda Rasulullah SAW ; "Siapa yang menyampaikan satu ilmu dan orang membaca mengamalkannya maka dia akan beroleh pahala walaupun sudah tiada." (HR. Muslim)

Selasa, 23 Juli 2013

ISLAM , IMAN & IKHSAN


oleh Titian Hikmah - Satu Hati (Catatan) pada 25 Mei 2013 pukul 16:23

Kesempurnaan berAgama adalah ISLAM, IMAN & IKHSAN.
Pada suatu hari Nabi saw di tengah-tengah kelompok orang banyak, tiba-tiba seorang laki-laki ( Jibril ) datang, lantas bertanya :
" Apakah Iman itu ? ". Nabi saw menjawab, "Iman ialah : Engkau percaya adannya Tuhan, yaitu Allah, percaya Malaikat-malaikat-Nya, percaya pertemuan Tuhan di akhirat, percaya Rasul-Rasulnya, dan percaya hari kebangkitan serta percaya qodlo & qadar-Nya."

Selanjutnya laki-laki itu bertanya lagi :
"Apakah Islam itu ?". Nabi saw, menjawab, " Islam ialah mengucapkan 2 kalimah syahadah dengan menyembah Allah dan jangan menyekutukannya, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa bulan Ramadhan serta haji (bagi yang mampu)."

kemudian laki-laki itu bertanya lagi, " Apakah ihsan itu ? "
Nabi saw menjawab, "Ihsan ialah keaadaan engkau menyembah Tuhan seakan-akan engkau melihatnya, sekiranya engkau tidak melihatnya maka Allah melihat engkau." ( Bukhari )

Catatan.
--- Kajian dasar ini penting sobat..... supaya kita tidak lupa..... & yang tidak tahu akhirnya tahu
--- Minimal Dinding FB ini bisa untuk belajar, menambah Ilmu, tukar informasi.... dll.
--- Jika dilihat sekarang Dinding FB (khusus halamannya) mulai melebar tanpa juntrungannya.
--- Mereka saling unjuk ILMU, Dalil, hujat menghujat... ujung-ujungnya cari popularitas atau masa dan akhirnya terjadi perpecahan pada Umat Islam dan yang jelas para pengguna FB makin dibuat bingung.

Apakah mereka lupa dengan firman Allah ini :

" Dan taatlah kepadaAllah dan rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkankamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu danbersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." (Qs. Al Anfaal : 46 )

Larangan berbantah-bantahan ini sudah jelas efeknya, dilanjutkan dengan ayat selanjutnya :

Larangan Mempunyai Sifat ANGKUH & RIYA’
47.  Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orangyang keluar dari kampungnya dengan rasa angkuh dan dengan maksud riya' kepadamanusia serta menghalangi (orang) dari jalan Allah. dan (ilmu) Allah meliputiapa yang mereka kerjakan.

Penyakit Batin (Marodlun ) Orang-Orang Munafik
49.  (ingatlah), ketika orang-orang munafik danorang-orang yang ada penyakit di dalam hatinya berkata: "mereka itu(orang-orang mukmin) ditipu oleh agamanya". (Allah berfirman):"Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, Maka Sesungguhnya Allah MahaPerkasa lagi Maha Bijaksana".

Semoga Umat Islam
- menerapakan bacaan Bismillahirrahmanirrahiim dalam kehidupannya, terutama para Tokoh - Tokonya. yaitu sifat Rahman : Sayang, Rahim : Kasih.
- menerapkan sifat Rasulullah saw , yaitu Ra'uf : Pemaaf & Rahiim : Kasih ( QS. At Taubah )
- Menyebarkan bacaan salam : Assalamu'alaikum warahmatullohi wabarakatuh bermakna orang Islam harus menjadi Salam : Penyelamat. Rahmat : Kemanfaatan, Barokah : selal memberikan kebaikan, pertolongan & bersatu.

sebagai kekuatan kita melangkah, ingat ini :Hanya Allah Yang BisaMempersatukan Hati
Firman Allah QS. Al Anfaal : 63
" Dan yang mempersatukan hati mereka(orang-orang yang beriman)*. walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yangberada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapiAllah Telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya dia Maha gagah lagi Maha Bijaksana."

--- Kajian ini (Islam, Iman & Ihksan) akan dilanjutkan jika ada yang banyak LIKE & SHARE pada teman-temannya -- Trim admin titian hikmah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar