Renungan, Inspirasi, Motivasi, Innovasi & Aktualisasi ILMU & HIKMAH. Luqmanul Hakim berkata : "Sesungguhnya hikmah itu dapat menghidupkan hati yang mati, sebagaimana siraman air hujan dapat menghidupkan bumi yang gersang". *Semoga hikmah-hikmah berupa Kisah, Cerita, Renungan & Nasehat, dapat dijadikan pelajaran hidup dan bermanfaat yang kita dapatkan selama ini, bisa menjaga hidupnya hati kita dan meneguhkan pendirian kita dalam mencintai kebenaran dan mengamalkannya. Aamiin. Sabda Rasulullah SAW ; "Siapa yang menyampaikan satu ilmu dan orang membaca mengamalkannya maka dia akan beroleh pahala walaupun sudah tiada." (HR. Muslim)

Kamis, 25 Juli 2013

Rahasia Subuh 2 - Berkah Rezqinya, Diberi kesehatan & Melihat Allah

Masuk surga.
Rasulullahbersabda “Barang siapa yang mengerjakan sholat bardain akan masuk surga.”(Fathul Bari).
Dalamhadits lain Nabi bersabda, “Barang siapa yang sholat dua waktu yang dingin makaakan masuk surga.” (HR. Bukhari).
Yang dimaksud sholat bardain adalah sholat subuh dan ashar. Ibnu Hajar mengatakan dalam kitab al-Fath bahwakedua sholat ini disebut bardain karena keduanya dikerjakan pada waktu sejuksiang hari dan berada di tepi siang hari, yaitu saat udara sejuk dan panasmatahari melemah.
Pada kedua waktu ini, manusiacenderung beristirahat dan tidur, yang membuatnya malas untuk melakukanaktifitas. Sehubungandengan kenyataan ini, Nabi Muhammad SAW memberikan semangat dengan menyampaikanberita gembira yang besar. Sekan-akan Rasulullah bersabda bahwa surgaditurunkan kepadamu melalui dua waktu yang berharga ini. Karena itu hadirilaholehmu pembagian ini agar kamu mendapat bagian darinya dan lepaskanlahanak-anak panahmu di saat pertempuran niscaya kamu akan memperoleh ghanimahnya.Janganlah kamu tetap berada di tempat bersama orang-orang yang duduk. Bila kamutetap duduk-duduk kamu akan binasa.
Laporanpengawasan. Sesungguhnya setiap muslim mempunyai janji dengan Allah tiap hari,yaitu pada sholat subuh dan sholat Ashar. Di antara kedua sholat itu, malaikatmemberikan laporan kepada Allah tentang ibadah kaum muslimin.
NabiMuhammad SAW bersabda, “Malaikat malam hari dan malaikat siang hari silihberganti kepadamu. Mereka berkumpul dalam sholat subuh dan sholat Ashar.Malaikat yang semalam bersamamu naik, lalu Tuhan menanyai mereka, padahal Dialebih mengetahui daripada mereka, ‘Bagaimanakah keadaan hamba-hamba-Ku saatkamu tinggalkan?’ Mereka menjawab, ‘Kami tinggalkan mereka dalam keadaan tengahsholat dan kami datangi mereka dalam keadaan tengah sholat.” (HR. Syaikhainmelalui Abu Hurairah).

Sholat sunnah yang lebih mulia daripada dunia seisinya. Sholat fajar yaitu sholatsunnah sebelum subuh merupakan sholat sunnah yang paling banyak pahalanyadibandingkan dengan sholat sunnah lainnya. Rasulullah mengistimewakannya denganpahala yang begitu besar sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Aisyah :“Dua raka'at fajar (sholat sunnah sebelum subuh) lebih baik dari dunia danseisinya.” (HR. Muslim).
Bekaldunia dan akhirat. Karena waktu yang mengiringi sholat subuh merupakan waktuyang mengandung banyak keberkahan.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar waktu itu digunakan untuk menyibukkan diridengan berdzikir. Seusai mengerjakan sholat subuh. Rasulullah selalu berdzikirkepada Allah SWT hingga matahari terbit, kemudian beliau sholat Dhuha dua raka'at,sebagaimana sabdanya, “Barangsiapa yang ikut sholat fajar berjamaah di masjidkemudian duduk berdzikir mengingat Allah SWT sampai matahari terbit, lalumengerjakan sholat dua rakaat, maka baginya pahala bagaikan orang yangmenunaikan ibadah haji dan umrah dengan sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR.Tirmidzi).
 
Dibukakan pintu rezeki.
Keberkahansubuh juga membuka pintu-pintu rizki-Nya yang telah dihamparkan di hari itu.Sebab itu, Allah SWT menyerukan kaum muslimin untuk menyambut rezeki-Nya dengansegera bangun pagi.
Dalamsebuah hadits yang diriwayatkan Ahmad dan Baihaqi, diceritakan bahwa ketikaRasulullah SAW pulang dari sholat subuh di masjid Nabawi, beliau mendapatiputrinya Siti Fatimah masih tidur-tiduran. Dengan penuh kasih sayang lantas beliaumenggerakkan badan putrinya itu sembari berkata, “Wahai anakku, bangunlah,saksikan rizki Tuhanmu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai karenaAllah membagikan rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbitmatahari.”
 
Memperoleh kesehatandan kesegaran.
Keberkahanlain yang dipetik oleh orang yang bangun subuh adalah sehat. Hal ini, menurutmajalah al Mujtama, Kuwait disebabkan oleh banyak faktor, antara lain : udarapada waktu subuh mengandung kadar gas ozon dalam presentase yang lebih pekatkemudian menipis secara bertahap seiring dengan terbitnya matahari. Gas ozonini diserap oleh urat-urat syaraf tubuh dan memberikan stimulan kepadanyasehingga otak dan otot dapat bekerja secara optimal, presentase sinar ultraviolet pada pagi hari relatif lebih kuat. Sinar ini merangsang kulit tubuhuntuk membuat vitamin D yang berguna untuk tulang, sebagaimana sinar inframerah mempunyai pengaruh yang membangkitkan kesadaran dan presentase cortisonyang terkandung di dalam darah relatif makin tinggi pada waktu subuh dankadarnya makin merendah secara relatif di petang hari.

Melihat Allah di akhirat
Tiadasuatu nikmat pun yang diberikan Allah kepada ahli surga yang lebih disukai olehmereka daripada memandang wajah Allah yang Maha Mulia. Kemuliaan ini hanyadidapat oleh ahli sholat sunnah fajar, sebagaimana yang diberitakan oleh NabiMuhammad SAW melalui sabdanya, “Ingatlah, sesungguhnya kalian akan melihatTuhan kalian bagaikan kalian melihat bulan ini, kalian tidak terdesak-desaksaat melihatnya. Jika kalian mampu meraih kesempatan dengan mengerjakan sholat(sunnah) sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelam, kerjakanlah!”.

Rasulullah lalu menyampaikan firman Allah, “… danbertasbih pulalah pada waktu-waktu malam hari (sebelum matahari terbit) danpada waktu-waktu siang hari (sebelum matahari terbenam) supaya kamu merasasenang.” (QS. Thaha : 13).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar